Selamat datang kembali di website Serambi Laravel. Pada website ini kita akan coba membahas tutorial seputar Framework Laravel lebih terfokus. Seri tutorial sebelumnya, kita sudah belajar mengenai Mengenal Konsep MVC Pada Laravel. Saya sudah paparkan gmana sih, konsep MVC itu pada artikel tersebut. Soo, silahkan pelajari terlebih dulu MVC-nya, terus baru ke artikel ini. Okehh.. ๐Ÿ˜€

Emmm.. Route yaa… Kita akan belajar route. Yeahh… 

Apa itu Route?

Route itu kalimat bahasa inggris ya. wkwk Kalau kita artikan ke bahasa Indonesia, itu artinya Rute, atau bisa diartikan arah, arah tujuan untuk menuju sebuah titik tuju. Yaa, kira-kira seperti itu.

Jadi, di Framework Laravel ini ada yang namanya Route. Nah, lalu apa fungsi route tersebut di Laravel?

Fungsi Route Di Laravel?

Pada Framework Laravel, route ini akan kita gunakan untuk mengatur URL dari website kita, atau kita bisa asumsikan “untuk mengatur rute dari URL website kita”

Jika Anda membuka browser  untuk mengunjungi suatu website. Maka dibagian kolom pencarian URL di browser, Anda dapat menemukan URL seperti ini:

Memahami Cara Kerja Route Di Laravel
Conton Penerapan Route Untuk Mengatur URL

Pada gambar screenshot diatas kita dapat melihat contoh penerapan dari route. Jadi, untuk mengakses halaman service, kita setting dengan route: bigsourceproject.com/servicesNah, kira-kira seperti itulah cara kerja route di Laravel. Nanti kita akan atur alur URL-nya di bagian route.

Dimana Kita Akan Mengatur Route?

Pada project Laravel, kita dapat mengatur route pada routes/web.php. Jika kita buka maka akan kita dapati tampilan seperti ini:

Posisi Route Pada Laravel
Posisi Route Pada Laravel

Pada screenshot diatas kita dapati satu Route bawaan dari Laravel.

Route::get('/', function () {
    return view('welcome');
});

Penjelasan Singkat:

‘/’ digunakan untuk setting route kita. ‘/’ ini kita artikan sebagai route utama atau domain utama dari website kita. Dan view(‘welcome’) digunakan untuk memanggil view/ tampilan/ interface dari tampilan welcome yang ada pada file resources/views/welcome.blade.php.

Jika kita jalankan server-nya melalui terminal dengan perintah dibawah ini:

php artisan serve

Maka akan tampil seperti ini:

Mejalankan Local Server Laravel
Mejalankan Local Server Laravel

Selanjutnya, buka web browser dengan mengakses url: http://127.0.0.1:8000 atau dengan http://localhost:8000. Maka akan Anda dapati tampilan seperti dibawah ini:

Halaman Utama Dengan Route '/'
Halaman Utama Dengan Route ‘/’

Gambar screenshot diatas merupakan hasil dari olah route yang ada di routes/web.php. Sesuai dengan route yang sudah kita tetapkan disana, yakni: ‘/’ (akan mengakses halaman utama/ domain utama) dimana kita memanggil view(‘welcome’) pada resources/views/welcome.blade.php.

Sampai disini semoga Anda bisa mendapatkan gambaran dari cara kerja route di Framewok Laravel. Cukup mudah sekali bukan? ๐Ÿ™‚

Pada artike selanjutnya saya akan coba untuk membahas “Apa saja yang bisa kita lakukan di route ini”. Dan sepertinya saya akan memecah materi ini menjadi beberapa sub materi. Supaya Anda lebih mudah memahaminya cara implementasi dari route ini.

Semoga artikel tutorial ini bermanfaat, dan bisa memberikan pencerahan untuk Anda semuanya. Sehingga Anda bisa berasumsi kalau belajar Laravel itu mudah bangett ngeettt… ๐Ÿ˜€

Jangan lupa untuk share supaya temen-temen lain bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini. Tetap semangat belajar untuk ngodingnya, karena usah tidak akan menghianati hasill. Salam sukses programmer…

https://blog.abdan.xyz/
Do you like Abdan Zam Zam Ramadhan's articles? Follow on social!
Comments to: Laravel Dasar [5] Memahami Cara Kerja Route Di Laravel

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.