Selamat datang kembali di blog Serambi Laravel. Pada website ini kita akan coba secara berkala untuk membahasa secara khusus mengenai framework Laravel. Ini adalah framework PHP yang lagi ngehits di dunia.

Pada tutorial sebelumnya Laravel Dasar [2] Instalasi Kebutuhan Untuk Memulai Project Laravel. Kita sudah bahasa aplikasi apa saja yang perlu kita instal sebelum kita memulai membuat project Laravel. Nah, pada artikel kita kali ini, kita akan membahas tentang Laravel Dasar [3] Membuat Project Pertama Laravel Kita.

Karena kita pake Laravel, kita tidak diharuskan untuk meletakkan file project kita di C:\xampp\htdocs. Jadi kita bebas bisa menyimpan file project kita dimana saja di luar direktori C:\xampp\htdocs. Hal ini memang berbeda jika kita mengkoding dengan PHP native, dimana kita harus menyimpan projectnya di C:\xampp\htdocs.

Mengapa demikian?

Seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Di Laravel ini kita akan banyak sekali bersentuhan dengan perintah-perintah di terminal, contohnya yakni perintah “php artisan serve”. Kita dapat menggunakan perintah tersebut untuk menjalankan server di project Laravel kita. Sehingga kita dapat menjalankan project Laravel kita, meskipun posisi project kita tidak di C:\xampp\htdocs. Kita cukup membuka web browser dan menjalankan http://localhost:8000/. Mantap kali bukan..

Oleh karenanya, pada artikel sebelumnya saya menganjurkan untuk menginstall Git Bash. Karena ini sangat membantu sekali, terutama pengguna Windows. Begitu… 😀

Ada dua cara untuk menginstal project Laravel, yakni:

  1. Melalui Via Laravel Installer
  2. Melalui Via Composer Create-Project

Anda dapat memilih diantara kedua cara tersebut. Keduanya sama saja, tidak ada perbedaan di isi file project yang dihasilkan. Oke, kita lanjutkan kembali instalasinya.

Via Laravel Installer

Untuk menggunakan Laravel Installer ini, silahkan terlebih dahulu untuk menginstalnya melalui Composer. Oh ya, untuk menggunakan Composer, pastikan Anda sudah menginstalnya di komputer. Cara instalasi Composer sudah saya sertakan di artikel [2] Instalasi Kebutuhan Untuk Memulai Project Laravel.

Silahkan buka Terminal atau Git Bash pada komputer Anda. Lalu jalankan kode perintah dibawah ini.

composer global require laravel/installer

Setelah Laravel Installer terinstal, selanjutnya kita mulai menginstal project Laravel. Tapi sebelumnya silahkan tentukan lokasi folder yang akan Anda instal Laravel.

Lokasi saya akan menginstal Laravel

Lalu Klik Kanan->Git Bash Here (untuk windows). Kemudian ketikan perintah dibawah ini.

laravel new laravel8

Tampilan gambar Git Bash seperti dibawah ini.

Tampilan Git Bash

Kemudian ketikan “laravel new laravel6” kemudian enter. Maka akan tampil gambar seperti dibawah ini. Itu menandakan bahwa proses instalasi Laravel kita telah selesai.

Instalasi Laravel selesai

Penjelasan singkat:

Pada perintah “laravel new laravel6”, perintah laravel digunakan untuk memanggil installer laravel yang sudah kita instal tadi, kemudian new digunakan untuk memberi tahu bahwa kita akan menginstall project baru, dan laravel6 adalah nama untuk project Laravel kita.

Via Composer Create-Project

Opsi lainnya kita bisa menggunakan Composer langsung, tanpa harus mengintal Laravel Installer. Silahkan tentukan folder dimana akan kita instal Laravel. Kemudian Klik Kanan->Git Bash Here. Kemudian jalankan perintah dibawah ini.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel laravel8

Maka akan terlihat tampilan seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Git Bash

Kemudian silahkan tekan enter dan tunggu sampai proses intalasi project Laravel kita selesai. Maka akan tampil gambar dibawah ini.

Instalasi Laravel selesai

Penjelasan singkat:

Pada proses instalasi via Composer kita menggunakan perintah “composer create-project –prefer-dist laravel/laravel laravel8″. Dimana composer kita gunakan untuk memanggil Composer yang sudah kita instal, kemudian create-project ini untuk memberikan perintah bahwa kita akan membuat sebuah project baru. Lalu –prefer-dist digunakan untuk memberitahu bahwa kita akan menggunakan project Laravel yang terbaru/ stabil. Kemudian laravel/laravel digunakan untuk paket yang kita minta berupa Laravel. Terakhir laravel8 ini merupakan nama dari project Laravel kita, kita dapat menggantinya sesuai keinginan kita, tapi dengan catatan tidak mengandung spasi.

Testing Project Laravel

Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya kita akan coba running, apakah project Laravel yang kita buat berjalan atau tidak. Silahkan masuk ke folder project Laravel Anda. 

Lokasi project Laravel

Kemudian Klik Kanan->Bash Here. Kemudian jalankan perintah dibawah ini pada Terminal/ Git Bash Anda.

Tampilan Git Bash

Seperti pada gambar diatas, pastikan posisi direktori/ folder yang Anda buka di Git Bash sesuai lokasi project Laravel Anda. Lalu masukkan perintah terminal untuk menjalankan server-nya.

php artisan serve
Server berhasil berjalan

Jika sudah muncul https://localhost:8000/ itu menandakan server sudah berjalan. 

Jalankan di browser

Jalankan project Laravel di browser dengan url https://localhost:8000, jika tampil seperti gambar diatas. Berarti project Laravel Anda sudah berjalan dengan baik.

Oke, itulah tutorial bagaimana cara mengintal project Laravel di komputer kita. pada tutorial selanjutnya saya akan membahasa mengenai Laravel Dasar [4] Mengkonfigurasi Database di Laravel.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, dan jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen lainnya. Supaya lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat dari artikel ini. Tetap semangat untuk belajar, salam sukses programmer…

https://blog.abdan.xyz/
Do you like Abdan Zam Zam Ramadhan's articles? Follow on social!
Comments to: Laravel Dasar [3] Membuat Project Pertama Laravel Kita

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.