Selamat datang kembali di website Serambi Laravel. Pada website ini saya akan membahas seputar topik Laravel lebih khusus dan mendalam nantinya, InsyaAllah.

Pada materi lanjutan ini, kita akan membahas mengenai apa itu MVC dan seperti apakah konsep MVC ini di Laravel. Jika Anda belum mengikuti tutorial sebelumnya yakni: Membuat Project Pertama Laravel Kita, silahkan ikuti terlebih dahulu. Jika Anda sudah paham cara instalasinya, Anda dapat melanjutkan materi di artikel ini.

Apa Itu MVC?

MVC merupakan kepanjangan dari Model-View-Controller. Konsep MVC ini berfungsi untuk memenejemen project kita menjadi 3 bagian utama, yakni:

  1. Model
  2. View
  3. dan Controller
Konsep MVC

Pembagian project menjadi 3 elemen tersebut berfungsi untuk memudahkan maintenance, struktur kode lebih rapih dan tentunya jika dikemudian hari aplikasi tersebut ingin dikembangkan lagi akan menjadi lebih mudah. Karena struktur project mudah untuk dibaca dan dipelajari. Singkatnya seperti itu ceritanya.

Konsep MVC ini sebenernya lebih banyak diterapkan pada project berbasis website, terutama di framework-framework yaa. Nah, salah satunya Framework Laravel ini.

Laravel menyusun project utamanya menjadi 3 bagian, berdasarkan konsep MVC. Kenapa saya katakan 3 bagian? Ya karena di tiga bagian inilah kita akan banyak menguliknya. Selebihnya itu opsional aja, berdasarkan kebutuhan kita nantinya.

Pada Laravel, pembagian berdasarkan MVC ini meliputi:

  1. Model, disini kita akan banyak melakukan pengaturan database. Tabel mana yang akan kita gunakan, kolom mana saja yang bisa kita edit, read, delete, dan sebagainya. Pokoknya semua yang berkaitan dengan database kita aturnya disini.
  2. View, disini kita akan mengatur seputar tata layout untuk tampilan dari website kita. Semua yang berkaitan dengan tampilan pokonya kita atur disini nantinya.
  3. Controller, disini kita akan mengatur logika dari website kita, atau bisa disebut algoritmanya lah. Jadi controller ini lah sebagai perantara antara model dan view. Singkatnya yakni jalan penghubung antara keduanya. Oke, sampai sini harapan saya Anda sudah memiliki gambaran mengenai MVC ini.

Struktur MCV Di Laravel

Berikut ini saya akan berikan gambaran konsep MVC yang ada di Laravel itu sendiri. Mungkin ada yang bertanya, “jika Laravel menerapkan konsep MVC, lalu dimana posisi struktur MVC itu di Laravel?” Oke, dibawah ini akan saya tampilkan posisi MVC jika kita berada di project Laravel.

Model 

Jika Anda ingin mencari “dimana model itu?”. Silahkan Anda membukanya di app/Models. Ketika Anda baru menginstal Laravel dan belum melakukan pengkodingan di project Laravel tesebut. Maka Anda akan mendapati 1 file saja disana, bernama User.php. Dibagian folder Models inilah, posisi Model berada. Pada folder Models ini pula kita nantinya akan membuat file-file model lainnya, selain User.php. Kita akan atur alur database kita disini.

Posisi Model di Laravel
View

Mungkin Anda penasaran juga “lalu dimana view-nya?”. Untuk mengakses bagian view di project Laravel. Silahkan Anda buka folder resources/views. Maka Anda akan mendapati tampilah seperti dibawah ini. Nantinya kita akan atur front-end kita disini. Semua yang berkaitan dengan UI pokoknya disini, itulah bagian view.

Tampilah View di Laravel
Controller

Terakhir yakni controller, Anda dapat mengaksesnya di bagian folder app/Http/Controllers. Disinilah kita akan mengatur tentang semua alur program kita, semua logika-logika, algoritma, dan sejenisnya. Kita akan atur disini, sepeti membuat controller baru, dll. Silahkan Anda buka lokasi direktorinya, maka akan Anda dapati tampilan seperti dibawah ini.

Tamplian Controller di Laravel

Oke, itulah gambaran mengenai konsep MVC dan bagaimana penerapannya di Laravel. Karena pada dasarnya, dibagian MVC ini lah kita akan lebih banyak menguliknya nantinya. Jadi harapannya dari artikel ini, Anda bisa mendapatkan gambaran dari cara kerja MVC tersebut.

Untuk materi selanjutnya kita akan membahasa mengenai: Memahami Cara Kerja Route & View Di Laravel.

Semoga artikel konsep MVC pada Laravel ini bermanfaat dan bisa memberikan wawasan tambahan untuk Anda semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke temen-temen programer lainnya, sehingga semakin banyak yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Terus semangat belajar, usaha tidak akan menghianati hasil. Tetap fokus pada tujuan Anda, maka Anda akan sukses dibidang Anda. Salam sukses untuk sesama programer.

https://blog.abdan.xyz/
Do you like Abdan Zam Zam Ramadhan's articles? Follow on social!
Comments to: Laravel Dasar [4] Mengenal Konsep MVC Pada Laravel

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.